BeritaKomunitasLingkungan

Peduli Banjir Lutra, Srikandi PP Palopo Kunjungi Desa Pombakka Malangke Barat

Tim Redaksi
49
×

Peduli Banjir Lutra, Srikandi PP Palopo Kunjungi Desa Pombakka Malangke Barat

Sebarkan artikel ini

Bagikan bahan makanan dan sarung untuk warga terdampak.

Giat Peduli Banjir Lutra Srikandi PP Palopo
Giat Peduli Banjir Lutra Srikandi PP Palopo di Desa Pombakka Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara, Jumat 25 Mei 2024. (Foto: dok pribadi)

Lutra, ININEWS – Bencana banjir yang melanda sejumlah desa di empat wilayah Kecamatan di Kabupaten Luwu Utara perlahan kini mendapat perhatian sejumlah pihak.

Salah satunya dari Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Srikandi Pemuda Pancasila (PP) Kota Palopo.

Melalui kegiatan bertajuk ‘Peduli Banjir Luwu Utara’, mereka turun langsung mengunjungi para warga terdampak banjir di Desa Pombakka, Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara, Jumat, 24 Mei 2024.

Tim Giat Peduli Banjir Lutra Srikandi PP Palopo sesaat sebelum berangkat menuju Desa Pombakka Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara, Jumat 24 Mei 2024.
Tim Giat Peduli Banjir Lutra Srikandi PP Palopo sesaat sebelum berangkat menuju Desa Pombakka Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara, Jumat 24 Mei 2024. (Foto: Dok Sharma Hadeyang)

Ketua DPC Srikandi PP Kota Palopo Sharma Hadeyang memimpin langsung tim dengan membawa bantuan berupa bahan makanan untuk dibagikan kepada warga.

“Alhamdulillah, kami membawakan bahan makanan seperti roti, biskuit, gula pasir, kopi, teh, minyak goreng dan mie instant untuk warga terdampak. Ada juga beberapa lembar sarung,” kata Sharma kepada media ini.

Sharma mengisahkan, banjir telah merendam wilayah Desa Pombakka selama hampir dua bulan.

“Banjirnya sudah cukup lama, sudah hampir dua bulan. Rumah warga banyak yang terendam air. Kasihan sekali,” ucap Sharma.

Giat Peduli Banjir Lutra Srikandi PP Palopo di Desa Pombakka Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara, Jumat 24 Mei 2024.
Giat Peduli Banjir Lutra Srikandi PP Palopo di Desa Pombakka Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara, Jumat 24 Mei 2024. (Foto: Dok Sharma Hadeyang)

Akibat banjir berkepanjangan, warga kesulitan keluar masuk wilayahnya untuk membeli berbagai kebutuhan sehari-hari.

“Banjir telah melumpuhkan ekonomi masyarakat Desa Pombakka. Seluruh hasil perkebunan, persawahan, dan perikanan tidak bisa dipanen. Mereka bahkan sudah mulai kekurangan bahan makanan,” ungkapnya.

Sharma berharap kondisi di Desa Pombakka dan wilayah lain yang juga terendam banjir dapat segera pulih kembali.

“Semoga kondisi ini cepat mendapat perhatian dari pemangku kepentingan agar kehidupan masyarakat yang dulu dapat pulih kembali,” harapnya.

Kondisi Bnajir di Desa Pombakka, Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara (Foto: Dok Sharma Hadeyang)
Kondisi Banjir di Desa Pombakka, Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara. Sudah hampir dua bulan banjir merendam wilayah desa ini. (Foto: Dok Sharma Hadeyang)

Dari informasi yang diperoleh, saat ini banjir di Luwu Utara menggenangi Desa Lewewe, Desa Lembang- Lembang, Desa Muktisari dan Desa Beringin Jaya di Kecamatan Baebunta Selatan.

Kemudian di Kecamatan Malangke Barat banjir merendam sebagian besar wilayah Desa Pombakka, Desa Wara dan Desa Limbong Wara.

Sementara di Kecamatan Malangke, setidaknya 7 desa ikut terdampak, yakni Desa Tolada, Desa Girikusuma, Desa Putemata, Desa Pettalandung, Desa Tingkara, Desa Malangke dan Desa Pattimang.

Tak terhitung kerugian warga akibat bencana ekologis yang kerap terjadi dan berlangsung dalam waktu lama. Sayangnya belum ada solusi kongkrit dari pemerintah dan pihak terkait. (*)