BeritaPendidikan

Gelar Seminar, Mahasiswa KKN-PK Unhas di Tapporang Usung 11 Program Kesmas

Pratama
21
×

Gelar Seminar, Mahasiswa KKN-PK Unhas di Tapporang Usung 11 Program Kesmas

Sebarkan artikel ini
Seminar Program Kerja Mahasiswa KKN Profesi Kesehatan Unhas Posko Desa Tapporang
Seminar Program Kerja Mahasiswa KKN Profesi Kesehatan Unhas Posko Desa Tapporang

Makassar, ININEWS – Mahasiswa KKN Profesi Kesehatan Unhas Angkatan ke-65 Universitas Hasanuddin Posko Desa Tapporang, Kec. Batu Lappa, Kab. Pinrang telah melakukan kegiatan seminar program kerja di kantor Desa Tapporang pada Senin, (15/7/2024).

Seminar program kerja ini bertujuan sebagai bentuk penyampaian program kerja kepada masyarakat juga diskusi antara mahasiswa KKN PK dengan pimpinan desa, kepala puskesmas, bidan dan kader kesehatan desa, serta pihak sekolah yang ditempatkan di Desa Tapporang.

Seminar program kerja dihadiri oleh Camat Batu Lappa, Kepala Desa Tapporang, Kepala Puskesmas Batu Lappa, perwakilan pustu, kader kesehatan, bidan desa, perwakilan karang taruna dan masyarakat setempat. Kegiatan seminar ini memberikan kesempatan bagi para mahasiswa KKN PK untuk memaparkan program kerja yang telah mereka rancang untuk Desa Tapporang.

Dalam suasana yang penuh keakraban, warga setempat memberikan masukan dan tanggapan yang sangat berharga, memperkaya ide-ide serta memberikan pandangan yang lebih komprehensif mengenai kebutuhan masyarakat.

Acara seminar KKN PK ini secara resmi dibuka oleh Bapak Camat Batu Lappa, Bapak Mursalim. Camat mengapresiasi program kerja mahasiswa KKN PK Angkatan ke-65 Universitas Hasanuddin Posko Desa Tapporang sebagai upaya meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Kami dari pemerintah kecamatan sangat mengapresiasi program kerja yang direncanakan. Apabila program kerja ini terlaksana dengan baik, tentu dapat mengatasi masalah kesehatan yang ada. Kami berharap, kegiatan program kerja yang akan dilaksanakan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Tapporang” ujarnya.

Seminar program kerja ini membahas mengenai 11 program kerja yang diusung oleh mahasiswa selama mengikuti KKN PK di Posko Desa Tapporang, meliputi program kerja kelompok dan program kerja Individu.

Program kerja kelompok yang akan dilakukan yaitu “Penyuluhan Pentingnya Imunisasi Lengkap”. Sedangkan program kerja individu meliputi: (1) Penyuluhan Cara Cuci Tangan yang Baik dan Benar, (2) Sikat Gigi yang Baik dan Benar, (3) Sosialisasi pentingnya konsumsi tablet tambah darah, (4) Penyuluhan nutrisi ternak, (5) Penyuluhan stop bullying, (6) Sosialisasi bahaya HIV/AIDS, (7) Edukasi dampak kesehatan buruk gigi dan mulut, (8) Edukasi tanaman obat keluarga, serta (9) Melakukan skrining perkembangan anak dan (10) Edukasi tentang hipertensi.

Supervisor Posko Desa Tapporang, Bapak apt. Andi Affandi, S.Si., M.Sc. dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak karena telah menyambut kedatangan mahasiswa KKN PK dan berharap program kerja yang akan dilaksanakan dapat didukung penuh oleh masyarakat setempat.

Disamping itu, Andi Keniray Jemmy selaku koordinator desa KKN PK Posko Desa Tapporang menyampaikan rasa terima kasih atas partisipasi dan dukungan yang diberikan oleh masyarakat Desa Tapporang.

“Kami berharap program kerja yang akan dilaksanakan dapat berkesan buat masyarakat Desa Tapporang” ujarnya.

Seminar ini diharapkan menjadi langkah nyata dalam mengatasi permasalahan kesehatan dan sekaligus memberikan kontribusi positif bagi Desa Tapporang. Dengan kerjasama yang erat antara mahasiswa, pemerintah, dan masyarakat lokal, diharapkan akan tercipta upaya yang berkelanjutan dalam mengatasi masalah kesehatan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat di Desa Tapporang.