Berita

Gelar Raker di Soppeng, Persada Sulsel Usung Program Inovatif dan Berkelanjutan

Tim Redaksi
33
×

Gelar Raker di Soppeng, Persada Sulsel Usung Program Inovatif dan Berkelanjutan

Sebarkan artikel ini
Raker PERSADA Sulsel

Soppeng, ININEWS – Perhimpunan Alumni dari Jepang (Persada) Provinsi Sulsel menggelar Rapat Kerja (Raker) yang berlangsung pada tanggal 28-29 Juli 2024 di Hakata Resor Lejja, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Raker diselenggarakan untuk menyusun rencana kerja Persada Sulsel periode kepengurusan yang kembali dipimpin oleh mantan Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. H. M. Nurdin Abdullah untuk periode 2024-2028.

Raker yang dipandu oleh Prof. Dr. Ir. Rudy Djamaluddin ST M.Eng selaku Ketua Harian Persada Sulsel, dihadiri oleh sekitar 20 anggota Persada dari tujuh bidang.

Dalam sambutannya,  Nurdin Abdullah menekankan pentingnya kontribusi alumni Jepang untuk kemajuan bangsa dan hubungan Indonesia-Jepang. Ia menegaskan perlunya program kerja yang bersentuhan langsung dengan masyarakat serta mempererat hubungan antar alumni.

“Kontribusi kita sebagai alumni Jepang harus nyata dan berdampak, baik bagi masyarakat Sulsel maupun dalam memperkuat hubungan bilateral Indonesia dan Jepang,” ujar Nurdin.

Raker PERSADA Sulsel

Acara dilanjutkan dengan pemaparan program kerja Persada Sulsel untuk periode 2024-2028.

Program kerja ini mencakup berbagai kegiatan yang bertujuan untuk pengabdian kepada masyarakat, seperti kegiatan sosial pendampingan masyarakat, bakti sosial tahunan yang fokus pada kesehatan masyarakat, penyuluhan dan demo pembuatan olahan pangan lokal berbasis ikan, serta pemanfaatan potensi kompetensi anggota Persada.

Selain itu, program ini juga mencakup kerjasama dengan pemerintah Jepang dan komunitas Jepang di Makassar, serta pengaplikasian karya inovasi pada kegiatan sosial dan pengabdian masyarakat.

Raker berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan dengan diskusi interaktif. Para peserta memberikan berbagai usulan yang bertujuan untuk menyempurnakan program kerja di masing-masing bidang.

Penutupan acara oleh  Nurdin Abdullah diwarnai dengan apresiasi tinggi terhadap partisipasi aktif para peserta dan harapan agar setiap tim kerja segera menjalankan program yang telah disepakati.

“Program kerja ini harus menggembirakan, bermanfaat bagi masyarakat, serta memperkuat hubungan antar anggota dan hubungan Indonesia-Jepang,” tukas Nurdin.

Raker PERSADA Sulsel

Di sela-sela kegiatan raker juga diisi dengan persentase kesehatan oleh salah seorang dokter dan alumni Jepang Senior yaitu Pro. Dr. Husni Tanra yg memaparkan tentang rahasia hidup sehat, awet muda, umur panjang, bahagia dan murah rezeki.

Raker Persada Sulsel kali ini bukan hanya menjadi ajang silaturahmi, tetapi juga wujud komitmen untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.

Dengan semangat “gambarimashou,” Persada Sulsel menegaskan komitmennya untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa. (*)