BeritaPemerintahan

Pj Bupati Bone Luncurkan Program PPK ORMAWA LD Al-Aafiyah: Wujudkan Desa Sehat Aman Limbah

Pratama
18
×

Pj Bupati Bone Luncurkan Program PPK ORMAWA LD Al-Aafiyah: Wujudkan Desa Sehat Aman Limbah

Sebarkan artikel ini
Program PPK ORMAWA LD Al-Aafiyah: Wujudkan Desa Sehat Aman Limbah

IniNews, Bone – PJ Bupati Bone yang diwakili oleh ketua TP PKK Kabupaten Bone, Andi Hikmawati, secara resmi meluncurkan Program PPK Ormawa LD Al-Aafiyah yang bertujuan untuk menciptakan “Desa Sehat Aman Limbah”.

Program ini merupakan bagian dari inisiatif yang dirancang oleh mahasiswa Unhas untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pengelolaan limbah yang lebih baik dan berkelanjutan.

Peluncuran program ini dilaksanakan di Rumah Maddennuang, Desa Ulaweng Cinnong, Kecamatan Ulaweng, Kabupaten Bone. Dihadiri oleh Camat Ulaweng, Kepala Desa Ulaweng Cinnong, Ketua TP PKK Kabupaten Bone, Ketua TP PKK Kecamatan Ulaweng, Ketua TP PKK Desa Ulaweng Cinnong  serta warga desa yang antusias mendukung program ini.

Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Bone menyampaikan bahwa Program PPK Ormawa LD Al-Aafiyah ini adalah salah satu upaya strategis dalam menunjang SDGs Desa Sehat Ulaweng Cinnong.

“Program ini bagus sekali untuk menunjang SDGs Desa Sehat Ulaweng Cinnong. Melalui program adik-adik dari Unhas, kami harap dapat membangun kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam mengelola limbah dengan bijak,” ucap Andi Hikmawati dalam sambutannya.

Program PPK Ormawa LD Al-Aafiyah antara lain;

  1. Sumur Resapan: Menyaring limbah cair agar tidak mencemari air tanah, karena Desa Ulaweng Cinnong sebagai salah satu penghasil air bersih di Kabupaten Bone.
  2. Bank Receh: Untuk menukarkan sampah plastik/anorganik menjadi sampah yang mempunyai nilai ekonomis.
  3. Papan Wicara: menyampaikan informasi mengenai pentingnya memilah sampah anorganik dan organik, serta pentingnya menjaga lingkungan dari sampah.
  4. Pupuk Kompos dan pakan ternak: Memanfaatkan limbah bonggol jagung.
  5. Kebun Percontohan: Sebagai tempat penanaman tanaman sayur serta pengaplikasian pupuk kompos dari bonggol jagung.

Inisiatif ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Bone dan di seluruh Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Peluncuran inisiatif ini juga mencerminkan komitmen pemerintah daerah Bone dalam mendukung program-program yang berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

“Kami ingin memastikan bahwa semua Kecamatan di Kabupaten Bone dapat mencontoh Kecamatan Ulaweng, Khususnya Desa Ulaweng Cinnong dalam mengelola limbah,” ujar Andi Hikmawati. (*)