BeritaPendidikan

Tingkatkan Minat Baca Murid SDI Borongbulo, Mahasiswa PPG dan Komunitas Sikola Bangun Pojok Baca

Tim Redaksi
18
×

Tingkatkan Minat Baca Murid SDI Borongbulo, Mahasiswa PPG dan Komunitas Sikola Bangun Pojok Baca

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa PPG UNM Membangun Pojok Baca
Kolaborasi Mahasiswa PPG UNM Gelombang 2 - Komunitas Sikola merealisasikan Proyek Kepemimpinan melalui pembangunan Pojok Baca di SDI Borongbulo, Kabupaten Gowa (Foto: IST)

Gowa, ININEWS – Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Gelombang 2 Tahun 2023 dari Universitas Negeri Makassar (UNM) Makassar bersama Komunitas Sikola Inspirasi Alam (SIA) menginisiasi peningkatan minat baca murid SD Inpres (SDI) Borongbulo, Kampung Beru, Desa Paranglompoa, Kecamatan Bontolempangan, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk Proyek Kepemimpinan diwujudkan dengan membangun Pojok Baca sebagai bentuk nyata kepedulian bagi murid-murid yang ada di sekolah tersebut.

“Pembangunan Pojok Baca di Sekolah ini adalah sinergi antara mahasiswa PPG-Komunitas sekolah sebagai bentuk kepedulian terhadap para murid,” kata Wahyuni, salah satu mahasiswa PPG, Selasa (03/09/2024) .

Sementara, Wakil Ketua Umum SIA, Ahmad menyampaikan bahwa Pembangunan Pojok Baca di SDI Borongbulo dianggap memiliki potensi besar karena masih kekurangan fasilitas pendukung belajar Murid.

“Sekolah ini dipilih karena memiliki potensi besar untuk dikembangkan karena masih kekurangan fasilitas pendukung pembelajaran, terutama fasilitas perpustakaan,” terang Ahmad.

Ahmad juga menambahkan jika Proyek Kepemimpinan melalui pembangunan Pojok Baca ini dapat meningkatkan minat baca, memperkaya wawasan dan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan.

“Pembangunan pojok baca ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak-anak di SDI Borongbulo, memperkaya wawasan mereka, serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih menyenangkan,” tambahnya.

“Selain itu, proyek ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi mahasiswa PPG UNM lainnya untuk turut berkontribusi dalam memajukan pendidikan di Indonesia,” katanya lagi.

Proses pembangunan pojok baca dilakukan secara bertahap, dimulai dari pengumpulan donasi buku, perlengkapan hingga pembangunan fisik.

Ahmad juga menyampaikan mendukung Proyek Kepemimpinan oleh Mahasiswa PPG UNM karena baginya program tersebut sangat baik karena dapat meningkatkan literasi dan berharap program ini berkelanjutan di masa depan.

“Kami dari SIA sangat mendukung proyek ini karena merupakan program yang sangat baik, bermanfaat dan insyaaAllah dapat meningkatkan literasi dari anak-anak SDI Borongbulo ini. Semoga program-program seperti ini dapat berkelanjutan dimasa depannya,” ujar Ahmad.

Salah satu guru di SDI Borongbulo, El Micka menyampaikan rasa syukurnya dan merasa senang dengan kunjungan mahasiswa PPG UNM dan Komunitas SIA karena SDI Borongbulo terpilih untuk mewujudkan program mereka.

“Kami sangat bersyukur sekali telah dikunjungi adik-adik dari PPG Prajabatan Gelobang 2 Universitas Negeri Makassar dan Komunitas SIA dalam memenuhi salah satu tugas mereka dengan membangun pojok baca di SDI Borongbulo ini,” kata El Micka.

Di kesempatan itu pula El Micka mengucapkan rasa terima kasih dan mendoakan semoga kegiatan ini mendapatkan berkah serta berharap program mereka dapat diterapkan untuk anak-anak Indonesia lainnya.

“Kami berterima kasih dan mensupport mereka semoga berkah kedepannya dan mereka bisa mendedikasikan bakat dan tallent mereka sehingga bukan cuman untuk kami saja tetapi untuk anak-anak Indonesia yang ada diluar sana,” ungkapnya.

Sebagai informasi tambahan Kegiatan Proyek Kepemimpinan ini dilaksanakan pada 1 – 2 September 2024 dan Proses pembangunan Pojok baca selain melibatkan partisipasi aktif dari mahasiswa PPG UNM dan anggota Komunitas SIA juga melibatkan Guru-Guru SDI Borongbulo. (ifan/rls*)