Berita

Makassar Raih Penghargaan Kompas TV untuk Pelayanan dan Keterbukaan Informasi Publik Terbaik

Tim Redaksi
12
×

Makassar Raih Penghargaan Kompas TV untuk Pelayanan dan Keterbukaan Informasi Publik Terbaik

Sebarkan artikel ini
Penghargaan Kompas TV kepada Walikota Makassar
Penghargaan Kompas TV kepada Walikota Makassar (IST)

Jakarta, ININEWS – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto, kembali meraih penghargaan dari Kompas TV atas keberhasilan Kota Makassar dalam kategori Pelayanan dan Keterbukaan Informasi Publik Terbaik.

Penghargaan ini diberikan dalam acara Malam Puncak HUT ke-13 Kompas TV di The Tribata Hotel, Jakarta, pada Rabu, 11 September 2024.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas kepada Danny Pomanto.

Kompas TV memberikan apresiasi ini karena Kota Makassar dinilai telah menunjukkan pelayanan dan keterbukaan informasi publik yang sangat baik di tingkat provinsi dan nasional.

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar juga dinilai konsisten melakukan monitoring dan evaluasi dalam hal keterbukaan informasi.

Menanggapi penghargaan tersebut, Danny Pomanto menyatakan bahwa keterbukaan informasi publik bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat secara lebih luas.

Dengan keterbukaan informasi, pemerintah daerah dapat memperoleh data yang lebih akurat dari masyarakat.

“Dengan keterbukaan informasi publik, masyarakat dapat langsung mengawasi kinerja pemerintahan,” ujar Danny di sela-sela acara.

Ia juga menambahkan bahwa keterbukaan ini menjadikan akses informasi lebih mudah dijangkau oleh semua pihak, sehingga tujuan pembangunan bersama dapat tercapai.

Penghargaan ini didasarkan pada komitmen Kota Makassar dalam menyempurnakan sistem digitalisasi dan keterbukaan informasi pemerintahan.

Hal ini dibuktikan dengan peningkatan indeks digitalisasi sistem pemerintahan, termasuk Reformasi Birokrasi (RB) dengan nilai BB, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dengan nilai B, dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan nilai Baik. Kota Makassar menduduki peringkat pertama di Sulawesi Selatan dengan nilai SPBE 3,41.

Pemkot Makassar juga memaksimalkan peran War Room sebagai ikon Smart City, serta Marvec yang berfungsi sebagai pusat big data, pelayanan, dan pengamanan publik seperti CCTV dan WiFi publik.

Hingga kini, terdapat 230 titik CCTV lalu lintas, 1.815 CCTV di Lorong Wisata, dan 40 titik WiFi publik di Makassar.

Di akhir acara, Danny Pomanto mengucapkan selamat ulang tahun ke-13 kepada Kompas TV.

“Atas nama masyarakat Kota Makassar, kami mengucapkan selamat kepada Kompas TV yang berulang tahun ke-13. Semoga terus menjadi televisi yang dicintai oleh masyarakat Indonesia,” katanya.

Penghargaan dari Kompas TV ini merupakan yang kedua bagi Danny Pomanto dalam dua hari terakhir.

Sebelumnya, pada Selasa (10/09), ia menerima penghargaan dari Tempo Media untuk kategori kota dengan Pariwisata dan Pelestarian Budaya terbaik.

Danny Pomanto semakin dikenal sebagai pemimpin dengan berbagai prestasi, baik di level nasional maupun internasional. Beberapa pencapaian lainnya meliputi masuk dalam 250 Kota pada Indeks Kota Bahagia atau Happy City Index, 142 kota pada Smart City Index, dan 500 kota teratas pada penilaian Global City Index.

Selain itu, Danny juga meraih berbagai penghargaan lainnya seperti Pemimpin Daerah Award 2024, Satya Lencana Wira Karya, SPM Award 2024, Kota Sehat Asia Tenggara 2024, dan masih banyak lagi. (*)